Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Cilok Bandung Sederhana


Jago Masak Enak - Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Cilok adalah lakuran dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/10/resep-batagor-bandung.html dihidangkan dengan cara dicolok.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.
Cara Membuat Cilok Bandung Sederhana yang Enak
Ada beberapa jenis cilok yang bisa Anda bikin seperti cilok goreng, cilok goang, cilok mang gogon, cilok bakar, cilok jtt, dan cilok kuah. Jika Anda ke Bandung jangan lupa untuk mencari http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/10/resep-siomay-bandung.html cilok bandung yang enak dan terkenal dengan bumbu kacangnya.

Untuk resep cilok bandung ada beberapa referensi yang bisa contoh antara lain resep cilok ncc, resep cilok goreng, resep cilok daging, resep cilok sederhana, resep cilok goang, resep cilok empuk serta resep cilok kuah.

Berikut ini, si Jago Masak Enak akan mencoba menyajikan cara membuat cilok sederhana meskipun ada beberapa cara membuat cilok lainnya seperti cara membuat cilok goreng, cara membuat cilok enak, cara membuat cilok daging, cara membuat cilok goang, cara membuat cilok kuah, cara membuat cilok bakar, cara membuat cilok tanpa daging dan cara membuat cilok isi. Berikut ulasan resep dan cara membuat cilok Bandung sederhana yang enak.

Resep dan Cara Membuat Cilok Enak Sederhana

Bahan Untuk Membuat Resep Cilok
  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung kanji sebanyak 
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk 
  • 1 sdt kaldu ayam     
  • 400 ml air bersih 
  • 2 btg daun bawang, iris tipis
Bahan Untuk Membuat Saus Kacang
  • 1 sdt Gula pasir
  • 2 sdt cuka  
  • 150 gram kacang tanah sangrai, kemudian dihaluskan.
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
Cara Membuat Saus Kacang
  1. Haluskan kacang tanah sampai halus. Gunakan blender jika ingin hasil yang sempurna.
  2. Kemudian tambahkan cuka, gula pasir, garam dan air aduk rata sampai adonan sedikit cair.
  3. Masak sebentar seperti membuat saus kacang untuk siomay.
Cara Membuat Cilok Goreng Bandung Enak Sederhana
  1. Langkah pertama adalah campurkan tepung kanji dengan merica dan garam , aduk sampai rata
  2. Didihkan air dan campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan kaldu ayam bubuk sampai mendidih dan tercampur merata, setelah mendidih masukan http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-ayam-pop-khas-padang.html tepung kanji
  3. Setelah menjadi adonan , masukan tepung terigu. campur rata
  4. Uleni adonan sampai benar-benar kalis dan tidak terlalu lengket.
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan dan masukan kedalam air yang mendidih. 
  6. Rebus cilok sampai matang. Salah satu tanda bahwa cilok sudah matang adalah cilok tersebut akan mengambang.
Angkat cilok yang sudah mengambang, angkat dan tirikan. Ketika menghidangkannya tambahkan dengan saus tomat dan saus kacang yang sudah dibuat. Selain itu anda juga bisa menjadikannya menjadi cilok bakar. Anda tinggal menusuk cilok tersebut seperti sate kemudian http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/09/resep-belut-crispy.html bakar sebentar. Olesi dengan menggunakan saus kacang yang sudah anda buat. Untuk rasa yang lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit daging ayam atau daging cincang.

Mudah bukan? Cilok yang anda buat sudah jelas kebersihannya dan tentu dengan rasa yang enak. Anda bisa membuatnya untuk anak-anak anda. Daripada anak anda harus membelinya di luar rumah. Banyak cilok yang dijual di luaran sana dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya. Ini akan mengganggu kesehatan anak anda. lebih baik anda http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-ayam-goreng-tulang-lunak.html membuat jajanan sendiri yang sudah jelas kebersihannya. Nah itulah bagaimana tahapan untuk membuat resep cilok. Mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selamat mencoba.

Resep Cilok Bandung Sederhana Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni