Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Rujak Cingur Surabaya

Resep Rujak Cingur - Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Resep Rujak Cingur Surabaya Jawa Timur

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Spaghetti Bolognese



Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.

Dalam penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian 'biasa' dan 'matengan' (menyebut huruf e dalam kata matengan seperti menyebut huruf e dalam kata: seperti/menyebut/bendoyo).


Penyajian 'biasa' atau umumnya, berupa semua bahan yang telah disebutkan di atas, sedangkan 'matengan' (matang, Jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (kerahi yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, taoge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan 'mentah'nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

Resep Rujak Cingur Surabaya

Bahan-bahan membuat masakan rujak cingur khas surabaya :
- Cingur sapi (hidung, mulut sapi) 260 gram
- Tahu 110 gram ( iris kotak, goreng)
- Tempe 110 gram (iris kotak, goreng)
- Kacang panjang 90 gram, potong kecil
- Tauge 60 gram
- Kangkung 1 ikat (ambil daunnya)
- Bawang goreng

Bahan untuk bumbu kacang rujak cingur :
• Petis udang 210 gram
• Kacang tanah 110 gram, sangrai
• Cabai rawit 6 buah (sesuai selara)
• Bawang putih 1 siung, digoreng
• Air asam jawa ½ sendok makan
• Pisang klutuk/batu 1 buah, diparut
• Gula merah 60 gram
• Garam 1 sendok teh
• Air masak secukupnya

Cara membuat / mengolah rujak cingur Surabaya yaitu :
1. Terlebih dahulu cingur sapi dicuci bersih. lalu cingur sapi direbus sampai empuk. Kemudian angkat dan cingur diiris-iris kecil. Sisihkan.

2. Kangkung, tauge dan kacang panjang dicuci bersih. lalu kangkung, tauge serta kacang panjang direbus secara terpisah. Sebaiknya jangan terlalu lama merebusnya supaya kandungan vitaminnya tetap terjaga. Angkat dan tiriskan.

3. Sesudah itu, membuat sambal kacang yaitu campurkan semua bumbu kacang yang tersedia, lalu diulek/ ditumbuk hingga halus.

4. Siapkan piring saji, tata cingur sapi, tahu goreng, tempe goreng, kangkung, kacang panjang serta tauge. Kemudian siram dengan sambal kacang.

5. Taburi bawang goreng atasnya.

6. Rujak cingur Surabaya siap disajikan.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Ketoprak Jakarta

Resep Rujak Cingur Surabaya Rating: 8 Diposkan Oleh: Siska AuliaArni