Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Tape Ketan Hitam


Resep Tape Ketan Hitam - Ketan hitam terkenal akan rasanya khas dan legit. Apalagi jika ketan hitam ini sudah dijadikan tape. Hmmm.... nikmatnya tiada duanya. Tape ketan hitam ada berbagai jenis seperti tape ketan hitam manfaat, tape ketan hitam untuk ibu hamil, tape ketan hitam untuk diabetes, tape ketan hitam untuk ibu menyusui, tape ketan hitam di Bandung, tape ketan hitam pdf, tape ketan hitam recipe, tape ketan hitam Bandung, tape ketan hitam halal serta tape ketan hitam yang gagal.

Resep tape ketan hitam ada beberapa macam yang sudah beredar seperti resep tape ketan hitam manis, resep tape ketan hitam ncc, resep tape ketan hitam enak, resep tape ketan hitam putih, resep tape ketan hitam padang, resep tape ketan hitam untuk madu mongso, resep tape ketan hitam yang enak, resep tape ketan hitam bugis, resep membuat tape ketan hitam, serta resep cara membuat tape ketan hitam.

Baca Juga Resep Lainnya Resep Bubur Ketan Hitam

 Cara membuat tape ketan hitam inipun bisa dibilang cukup mudah karena ada beberapa panduan yang bisa Anda ikuti seperti youtube cara membuat tape ketan hitam, cara membuat tape ketan hitam ncc, cara membuat tape ketan hitam dan putih, cara membuat tape ketan hitam youtube, cara membuat tape ketan hitam 1 kg, cara membuat tape ketan hitam beserta gambarnya, cara membuat tape ketan hitam lengkap, cara membuat tape ketan hitam enak, cara membuat tape ketan hitam putih, serta cara membuat tape ketan hitam yang manis.

Penasaran dengan resep ketan hitam yang enak dan nikmat. Simak ulasan resep dan cara membuat tape ketan hitam berikut ini.
Cara Membuat Tape Ketan Hitam Sederhana
Gambar Tape Ketan Hitam

Resep dan Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Bahan - Bahan Tape Ketan Hitam :

  • 1 kg ketan hitam
  • 5 butir ragi ketan
  • 5 sdm gula pasir halus, jika suka

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Enak :

  1. Cuci beras ketan hingga benar-benar bersih, buang semua kerikil kecil yang ada. Kemudian rendam selama 12 jam (satu malam)
  2. Buang air rendaman, cuci kembali beras ketan hingga bersih. Kukus selama 30 menit, angkat.
  3. Tuang dan ratakan di atas nampan, biarkan hingga dingin selama 2 jam.
  4. Siapkan wadah berpenutup. Bagi ketan kukus menjadi 5 bagian. Ratakan 1 bagian di dasar wadah, taburi dengan ragi tape yang sudah di haluskan. Taburi lagi diatasnya lagi dengan gula pasir.
  5. Ambil 1 bagian ketan kukus lagi, taburi ragi, dan gula pasir. Lakukan terus hingga seluruh adonan ketan, ragi dan gula habis.
  6. Tutup rapat wadah, biarkan selama 3x24 jam, dan jangan dibuka-tutup selama proses fermentasi.
  7. Setelah 3 hari tape siap dinikmati.
Baca Juga Resep Lainnya : Resep Bubur Kacang Hijau

Resep Tape Ketan Hitam Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni