Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Cakwe Bandung Sederhana, Mudah dan Murah


Jago Masak Enak - Cakwe adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Cakwe atau Cahkwe adalah dialek Hokkian yang berarti Hantu yang Digoreng (油炸鬼,hanyu pinyin: You Zha Gui). Nama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini. http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/09/resep-donat-kentang.html

Cahkwe mulai populer pada zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei (Hanzi: 岳飛) yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui (Hanzi: 秦檜).[1] Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok kemudian membuat 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui. (wikipedia Indonesia)

Cakwe saat ini menjadi salah satu jajanan favorit. Lihat saja, hampir disetiap sekolah dasar ada saja para penjual cakwe Bandung, meskipun ada cakwe lainnya seperti cakwe Medan, cakwe peneleh, cakwe galaxy bekasi, cakwe ncc, cakwe semar, cakwe isi, cakwe udang,cakwe pizza, cakwe bubur, cakwe mini dan cakwe Pontianak. Dinamakan cakwe Bandung karena para pedagang cakwe ini rata-rata orang Sunda entah itu Bandung maupun kota sekitarnya. http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/02/resep-martabak-manis-bangka-asli-ncc.html

Bahan dan cara membuat cakwe sangat sederhana, mudah dan murah. Meskipun cakwe sederhana dan murah, cita rasa cakwe ini tidak kalah loh dengan kue tradisional lainnya. Resep cakwe dan kue bantal sebenarnya hampir sama, nyaris tidak ada bedanya.

Baca Juga : Resep Keripik Pisang Renyah

Resep Cakwe Sederhana dan Mudah

Kali ini si Jago Masak Enak akan mencoba menyajikan resep cakwe sederhana dan praktis sehingga mom dan sista tidak akan kesulitan untuk mencobanya dirumah. Yuk simak selengkapnya resep cakwe sederhana, mudah, dan murah serta praktis berikut ini.
resep cakwe sederhana dan mudah

Bahan bahan Resep Cakwe Empuk dan Renyah
  • 250 gram tepung terigu kualitas baik.
  • 1/2 sdt Baking soda 
  • 3/4 sdt Garam dapur beryodium halus 
  • 1/2 sdm Baking Powder 
  • 200 ml  Air bersih untuk adonan 
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan Saus Cakwe Sederhana dan Murah
  • 2   sdm Saus tomat
  • 1   pc  Bawang putih lokal 
  • 1   sdt Gula pasir 
  • 1/2 sdm tepung maizena 
  • 1/2 sdt Garam dapur beryodium 
  • 1/2 sdm sambal instan atau sambal botol 
  • 175 ml  Air bersih matang     
Cara Membuat Resep Cakwe Sederhana dan Praktis
1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan 3/4 sendok teh garam dapur beryodium, baking soda dan 1/2 sendok baking powder. Aduk dan campur semua bagian sampai tercampur rata.

2. Masukkan tepung terigunya dan campur sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
   
3. Masukkan air bersih kurang lebih 200 ml. Campur dan aduk semua bahan sampai rata dan kalis. Diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit.
   
4. Aduk dan uleni lagi adonan dari pinggir ke tengah sampai tercampur rata. Dimamkan lagi selama 20 menitan.
   
5. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan kue cakwenya elastis dan bisa dibentuk.
   
6. Balik adonan yang sudah elastis dan beri sedikit minyak di atas permukaannya. hal ini dilakukan supaya adonan kue nya tetap lembab. Diamkan lagi selama kurang lebih 50 menit sampai 1 jam.
   
7. Masukkan adonan diatas ke dalam plastik yang bersih. Diamkan di dalam plastik kurang lebih selama 3 jam sampai 4 jam.
   
8. Keluarkan adonan dan giling/tekan dengan kayu atau botol. Tekan adonan sampai agak tipis dengan ukuran tebal kurang lebih sekitar 0.5-1 cm, lebar 2-3 cm dan panjangnya sekitar 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi sedikit tepung supaya adonan tidak lengket.

Baca Juga : Resep Bika Ambon Medan
   
9. Rekatkan dan tempel 2 potongan adonan dengan air. Tekan bagian tengah sambungannya dengan sumpit dari atas ke bawah. hati hati saat menekan dan jangan sampai putus.
   
10. Siapkan penggorengan dengan minyak cukup banyak dan api sedang kecil. Tunggu minyak sampai benar benar panas dan kemudian masukkan beberapa potong adonan di atas. Jangan lupa sebelum dimasukkan k dalam minyak tarik adonan sampai memanjang.
   
11. Goreng sambil dibolak balik sampai kuning kecoklatan.
   
12. Untuk membuat sausnya tinggal mencampur gula pasir, garam, saus sambal, saus tomat, bawang yang sudah dihaluskan dan air matangnya.
   
13. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rebus sampai mendidih.
   
14. Angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sediki sambil tetap diaduk.

Baca Juga : Resep Roti Goreng Manis

Resep Cakwe Bandung Sederhana, Mudah dan Murah Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni