Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Kue Sus Kering Keju


Jago Masak Enak - Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).

Seiiring dengan semakin berkembangnya selera masyarakat tentang kuliner dibarengi dengan kreativitas mereka, maka terciptalah kue sus kering keju. kue sus kering ada banyak ragamnya seperti sus kering keju, sus kering coklat, sus kering ncc, sus kering nissin, sus kering diah didi dan sus kering goreng. http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/11/resep-kue-ketawa-renyah-khas-medan.html

Banyak sekali yang bertanya tentang kue sus kering coklat. Apakah sebaiknya menggunakan isi coklat nissin atau isi coklat kiloan ? Semua itu tergantung selera dan budget yang ada. Kalau sekiranya budgetnya hanya cukup digunakan beli isi coklat kiloan, ya sebaiknya membuat kue sus kering isi kiloan saja. Begitu sebaliknya jika memang lebih suka menggunakan isi coklat nissin, ya silahkan membuat kue sus kering isi coklat nissin.

Resep dan Cara Membuat Sus Kering Keju Renyah Gurih
Baca Juga Resep Lainnya : Resep Kue Sus Basah Spesial

Kali ini si Jago Masak Enak, akan mencoba menyajikan resep kue sus kering keju yang renyah dan gurih. Adapun resep kue sus kering yang lain seperti resep kue sus kering ncc, resep kue sus kering goreng, resep kue sus kering isi coklat, resep kue sus kering hesti, resep kue sus kering keju goreng, resep kue sus keju, resep kue sus kering bawang dan resep kue sus kering mini akan kita bahas dilain kesempatan. http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/12/resep-kue-kering-nastar-keju-renyah-enak.html

Resep dan Cara Membuat Kue Sus Kering Keju Renyah dan Gurih

Oke, kita langsung saja akan membahas cara membuat kue sus kering keju yang renyah juga gurih tentunya. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Bahan bahan Resep Kue Sus Kering Keju Renyah
  • 125 gr  Tepung Terigu protein sedang
  • 250 ml  Air matang bersih 
  • 1/4 sdt Garam dapur beryodium 
  • 3   pcs Telur Ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs.
  • 60  gr  Keju keras atau biasa juga disebut keju Cheddar Parut keju hingga halus.
  • 1/2 sdt Baking Powder atau Bahan Pengembang kue s
  • 100 gr  Margarin sebanyak 100 gram.
Cara Membuat Resep Kue Sus Kering Enak
  1. Ambil satu wadah ukurang sedang untuk merebus air sampai mendidih.
  2. Masukkan 100 gram margarin dan garam dapurnya. Aduk sampai semua bahan cair dan tercampur rata.
  3. Kecilkan api, masukkan sedikit demi sedikit 125 gram tepung terigunya sambil tetap diaduk. Ulangi proses sampai semua tepung habis lalu matikan api kompornya dan angkat.
  4. Apabila adonan belum kalis, tambahkan sedikit tepung sampai adonan resep kue sus nya kalis.
  5. Pecahkan telur satu persatu dan masukkan ke dalam adonan di atas sambil di kocok sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Berikutnya masukkan 60 gram keju cheddar parut dan setengah sendok baking powder. Aduk kembali semua bahan pelan pelan sampai tercampur rata.
  7. Ambil loyang yang akan digunakan dan olesi dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
  8. Siapkan plastik atau piping bagnya. Masukkan adonan ke dalam. Semprot dan bentuk adonan kecil kecil diatas loyang. Jangan lupa beri jarak karena adonan nanti akan sedikit membesar setelah matang.
  9. Panaskan oven panggang dengan api sedang sampai mencapai suhu kurang lebih 185-190 derejat.
  10. Masukkan loyang loyang yang sudah diberi adonan sus kering kejunya. Masak sekitar 15 menit.
  11. Kecilkan api atau atur suhu oven di angka 130 derajat celcius. Masak kembali sampai matang dan warna nya kuning agak kecoklatan muda.
  12. Angkat dari oven setelah matang. Tunggu sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples hidangan.
Baca Juga Resep Lainnya : Resep Kue Keranjang

Resep Kue Sus Kering Keju Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni