Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Bakpia Pathuk Asli Yogyakarta


Jago Masak Enak - Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: ??), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-wedang-uwuh-khas-jogja.html daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta, sehingga dikenal dengan sebutan Bakpia Pathuk. Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-lapis-surabaya-selai-coklat.html daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Di kampung Pathuk, dulunya penduduk tidak mengenal istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel "nomor rumah produsen", misalnya nomor 75, 25, 531, 125, dan lain sebagainya. Lalu muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava, Ayu, Vista, dan lain-lain.

Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

Ada lebih dari 100 merek bakpia. Di antara bakpia yang sering dicari oleh pembeli ialah , Bakpia Mutiara Bakpia Kurnia sari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, Snack It Pia 100 (biasanya dijual di minimarket terkemuka), dan Bakpia Kencana. Masing-masing merek memiliki ciri khas yang unik.

Cara Membuat Bakpia Pathok Jogja

Untuk bakpia pathok jogja yang banyak dicari antara lain bakpia pathok 25, bakpia pathok 75, bakpia pathok mutiara, bakpia pathok 75, dan bakpia pathok 145. Bakpia pathok yogyakarta paling enak saat ini adalah tergantung dari http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-seblak-basah-asli-bandung.html selera sang penikmat bakpia itu sendiri. Karena setiap merk bakpia pathok yogyakarta memiliki citarasa yang berbeda. Bakpia pathok di jakarta saat ini juga sudah mulai banyak penjualnya.

Banyak yang mencari resep bakpia yang renyah dan lembut. Banyak referensi yang Anda bisa contoh seperti resep bakpia kering, resep bakpia pathok, resep bakpia coklat, resep bakpia keju, resep bakpia renyah, resep bakpia ncc, resep bakpia basah ncc, resep bakpia kering renyah dan resep bakpia Jogja. Kali ini si Jago Masak Enak akan mencoba menyajikan resep bakpia pathok yang paling enak menurut si Jago Masak Enak. Hehehe... Yuk simak selengkapnya resep bakpia pathok asli jogjakarta berikut ini.

Bakpia Pathuk Jogja

Bahan kulit lapisan pertama :• Tepung terigu protein sedang 125 gram
• Tepung terigu protein tinggi 65 gram
• Gula pasir 2 sendok makan
• Garam 1/2 sendok teh
• Air kurang lebih 100 ml
• Minyak sayur 200 ml ( kurang lebih 50 ml untuk adonan, sisanya untuk merendam )

Bahan lapisan kulit kedua :• Tepung terigu protein sedang 65 gram
• Minyak sayur 25 ml
• Margarin 1/2 sendok makan

Cara Membuat Bakpia Pathok yang Renyah dan Enak :

1. Bahan lapisan ke 2 : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
2. Bahan kulit lapisan pertama : Panaskan air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut.   Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
3. Tuang minyak sayur , kira2 aja 50 ml, jika sudah kalis..tidak usah di habiskan minyaknya,  uleni hingga adonan kalis.
4. Ambil adonan seberat kurang lebih 5 gram. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan kedua. Ratakan pada http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-cilok-bandung-sederhana.html permukaan adonan secara merata.
5. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
6. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. (jangan kelebihan ya waktunya..nanti hasil kulitnya jadi terlalu renyah kalau kelamaan di rendam )
7. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih, panggang sampai matang, kurang lebih 15 menit , balik, panggang lagi sebentar sampai matang semua sisinya.

Bahan dan cara membuat isi kumbu kacang hijau :

Bahan Isi Bakpia Pathok Jogja :
  • 250 gram kacang hijau kupas, direndam 1 jam
  • 200 gram gula pasir  ( atau sesuai selera ,kalau aku suka yang tidak terlalu manis )
  • 1/8 sendok teh garam
  • 50 ml santan dari 1/4 butir kelapa, daun  pandan 2 lembar

Cara Membuat isi Bakpia Pathuk Jogja :

  1. Kukus kacang hijau 30 menit lalu haluskan. 
  2. Tambahkan gula, garam, dan santan, dan daun pandan. 
  3. Masak sambil http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-mendoan-purwokerto-sederhana-enak-ncc.html diaduk hingga kering. 
  4. Angkat dan dinginkan.

Resep Bakpia Pathuk Asli Yogyakarta Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni