Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Asem Asem Daging Diah Didi


Jago Masak Enak - Asem Asem Daging atau Asem Asem Demak merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Meskipun berasal dari Demak namun Asem Asem Daging juga terdapat di daerah lain di Jateng, DIY dan Jatim. http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/11/resep-soto-madura.html

Setidaknya ada lima kota yang terkenal mempunyai resep asem asem daging yang empuk dan enak, yaitu asem asem daging semarang, Demak, Wonogiri, Bojonegoro dan Solo. Khusus untuk daerah Solo yang terkenal adalah asem asem iga Solo. Bagi anda yang tidak suka dengan daging bisa menggantinya dengan ikan bandeng atau ikan patin. Bagi Anda penggemar daging kambing, asem asem daging kambing bisa menjadi menu baru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga ataupun sahabat Anda.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Nasi Goreng Kambing 

Selain daging kambing, asem asem daging sapi juga enak untuk dibuat asem asem. Resep asem asem ini juga bisa ditambahkan buncis, daun kedondong dan belimbing wuluh. Namu kali ini Jago Masak tidak memakai semua itu mungkin lain kali kita akan menyajikan asem asem daging buncis, asem asem daging belimbing wuluh dan asem asem daging daun kedondong.

Resep Asem Asem Iga Solo

Resep Asem - Asem Daging Diah Didi

Resep asem asem daging berikut ini adalah resep asem asem daging diah didi yang sudah terbukti enak dan lezat. Dilain waktu nanti Jago masak akan menyajikan resep asem asem iga, resep asem asem ikan, resep asem asem ikan patin, resep asem asem daging Bojonegoro, resep asem asem buncis, resep asem asem iga solo, dan resep asem asem kambing.

Yuk simak selengkapnya resep dan cara membuat asem asem daging yang empuk dan enak berikut ini :

Bahan & Bumbu Asem Asem Daging Diah Didi :

  • 1 kg Daging (lebih enak yg sandung lamur) 
  • 1/2 ons cabe rawit (atau sesuai selera)
  • 15 siung bawang putih
  • 3 lbr daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 gelas air asam jawa (sesuaikan)
  • 1 blok gula jawa
  • 3 sdm kecap
  • 2 bh kaldu blok rasa sapi
  • Garam secukupnya
  • 7 bh cabe merah besar
  • 7 bh cabe hijau besar
  • 7 siung bawang merah, iris tipis

Cara Membuat Asem Asem Daging Empuk dan Enak :

1. Bersihkan daging, potong2 agar lebih cepat empuk.
2. Masukkan 3 ltr air kedalam panci, daging, cabe rawit, bawang putih, daun salam, dan lengkuas. Lalu rebus sampe daging setengah empuk.
3. Keluarkan daging, bawang putih dan cabe rawit. Potong daging jadi kecil2 sekali sendok. Uleg bawang putih dan cabe rawit hingga halus.
4. Masukkan kembali daging dan bumbu yg sudah halus ke dalam air rebusan tadi.
5. Masukkan air asam jawa, gula jawa, kaldu blok, garam, dan kecap. Cek rasanya apakah sudah balance.
6. Sementara menunggu daging empuk dan bumbu meresap, siapkan wajan, beri 5 sdm minyak goreng. Masukkan bawang merah, tumis hingga setengah kering(sebelum jadi bawang goreng) lalu masukkan cabe merah besar, dan cabe hijau besar. Tumis hingga layu lalu masukkan ke dalam rebusan daging.http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/04/resep-semur-daging-ayam-sederhana.html
7. Tunggu hingga daging empuk dan bumbu meresap. Hidangkan selagi hangat dengan nasi dan tempe goreng garing.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Tom Yum Iga Sapi

Resep Asem Asem Daging Diah Didi Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni