Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Es Dawet Jabung Ponorogo

 
Jago Masak Enak - Bila anda ke Ponorogo Jawa Timur tentu saja belum lengkap bila belum mencicipi es dawet Jabung Ponorogo yang sudah terkenal enak rasanya dan segar rasanya. Minuman Dawet Jabung ini berasal http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/09/resep-bubur-manado.html dari desa Jabung kecamatan Mlarak yang juga merupakan pusat penjual dawet Jabung.

Dawet Jabung adalah kuliner asli Khas Ponorogo Jawa Timur. Dawet jabung mirip es Cendol namun bedanya adalah cendolnya alami tanpa zat pewarna.Kelezatanya tidak usah diragukan lagi. Cendol dawet jabung berwarna putih.Dawet jabung dibuat dari tepung aren yang di bentuk sebagimana lzimnya cendol cendol biasa.
Cara Membuat Resep Es Dawet Jabung Ponorogo
Kuah santannya di buat dari santan klapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam.Untuk memperkaya rasa biasanya ditambah dengan tape ketan dan irisan nangka.Semuanya dimasukan http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/09/resep-bubur-ketan-hitam.html dalam satu mangkok. Berikut ini cara membuat cendol atau dawet khas Jabung.

Resep dan Cara Membuat Es Dawet Jabung Ponorogo

Bahan Dawet Jabung :


  • 100 gr tepung sagu dari aren
  • 50 gr tepung beras putih
  • 600 ml air putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 1 sdm minyak goreng

Cara Bikin / Cara Membuat Dawet Jabung Ponorogo :


  1. Campur semua bahan kemudian aduk hingga tercampur rata, bila perlu disaring agar tidak ada tepung yang menggumpal.
  2. Rebus larutan tepung dengan api sedang, sambil diaduk - aduk hingga mengental dan larutan meletup.
  3. Siapkan wadah berisi air matang dingin dari kulkas, tuangkan adonan cendol ke dalam cetakan cendol dan tekan agar http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/11/resep-tape-ketan-hitam-manis-enak.html adonan keluar dari cetakan, tampung cendol dalam wadah berisi air matang dingin.
  4. Biarkan cendol terendam dan mengeras di dalam air dingin beberapa saat, kemudian bisa digunakan untuk membuat es dawet jabung.

Resep Es Dawet Jabung Ponorogo Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni