Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Bolu Kukus Talas


Jago Masak Enak - Talas atau talas bogor (Colocasia esculenta L., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi yang cukup penting. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak masa purba, bahkan sebelum padi ditanam orang. Kini talas telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk India, Cina, Afrika Barat dan Utara, dan Hindia Barat. Talas merupakan makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas populer ditanam hampir di semua daerah.

Gambar Bolu Kukus Talas
Bolu kukus talas merupakan salah satu kue tradisional khas Jawa Barat terutama Bogor dan Bandung. Jadi jangan heran jika banyak bolu kukus talas Bandung dan bolu kukus talas Bogor. Bolu kukus talas sendiri ada beberapa jenis seperti bolu kukus marble talas, bolu kukus mekar talas, bolu kukus talas ungu, serta berbagai macam bolu kukus talas lainnya.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Bolu Kukus Mekar Sederhana

Saat ini banyak sekali tutorial yang menyajikan cara membuat bolu kukus seperti cara membuat bolu kukus pandan, cara membuat bolu kukus pelangi, cara membuat bolu kukus pisang, cara membuat bolu kukus coklat, cara membuat bolu kukus mekar, cara membuat bolu kukus sederhana, cara membuat bolu kukus mawar, cara membuat bolu kukus semangka, cara membuat bolu kukus karakter, cara membuat bolu kukus gula merah serta cara membuat bolu kukus talas.

Namun khusus untuk cara membuat bolu kukus talas masih jarang yang menyajikannya. Entah karena masih minimnya peminat akan umbi talas ini atau memang masih jarang yang mengetahui bahwa umbi talas ini bisa dijadikan bolu kukus yang rasanya enak, empuk dan lezat. Berikut ini si Jago Masak Enak akan mencoba menyajikan resep dan cara membuat bolu kukus talas. Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan umbi talas.

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Talas

Bahan Bolu Kukus Talas :
  • 2 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 200 ml minuman bersoda tawar (misal f&n)
  • 1/8 sendok teh pasta talas

Cara Membuat Bolu Kukus Talas Bogor Sederhana :


  1. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai kaku 10 menit.
  2. Masukkan tepung terigu, maizena, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan minuman bersoda tawar dan santan sambil dikocok perlahan.
  3. Ambil 200 gram adonan. Tambahkan pasta talas. Aduk rata.
  4. Sendokkan adonan putih ke cetakan bolu kukus yang dilapisi cup kertas hingga 3/4 bagian. Tambahkan adonan talas hingga cetakan penuh.
  5. Kukus diatas api besar 15 menit sampai matang.
Baca juga resep lainnya : Resep Bolu Kukus Ubi Ungu

Resep Bolu Kukus Talas Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni