Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Kue Donat Kentang



Jago Masak Enak - Donat Kentang ala si Jago Masak ini sangat mudah dan murah loh. Donat kentang bisa disajikan sebagai sajian acara formal maupun non-formal. Acara arisan keluarga Anda akan semakin rame dan meriah dengan sajian kue donat kentang ini.

Donat kentang ini juga bisa disajikan sebagai cemilan keluarga Anda tercinta saat kumpul bersama keluarga. Donat kentang ini rasanya tidak kalah enak dengan donat yang dijual dipasaran. http://jagomasakenak.blogspot.com/2015/05/resep-kue-rangi-jakarta.html

Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard. http://jagomasakenak.blogspot.com/2014/11/resep-kue-coklat-kukus.html

Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

  • 500 gr tepung terigu 
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instant (kira-kira 1 sachet)
  • 200 gr kentang, dikukus, dihaluskan (wajib di blender) dan dinginkan
  • 100 gr gula pasir manis
  • 4 btr kuning telur ayam
  • 100 ml air dingin
  • 75 gr mentega merk apa saja
  • 1/2 sdt garam
  1. Ambil wadah, campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant dan aduk rata
  2. Masukkan kentang halus, kuning telur dan juga air dinginnya, aduk-aduk sampai rata.
  3. Masukkan mentega dan juga garam, aduk-aduk lagi hingga elastis. diamkan adonan 15 menit.
  4. Bagi adonan donat, masing-masing 50 gram, lalu bulatkan. Diamkan adonan ini 20 menit, hingga mengembang. (Biasanya tuk membagi dan membulatkan seluruh adonan hingga habis memerlukan waktu 15-20 menit, jadi begitu anda membulatkan adonan kentang terakhir, bisa langsung anda panaskan minyak goreng untuk memulai menggoreng adonan yang pertama-tama yang telah dibulatkan)
  5. Setelah itu lubangi adonan ini dibagian tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng hingga matang (kuning keemasan).
  6. Langkah Terakhir angkat, tiriskan. Taburi gula manis atau hiasi (topping) dengan coklat.
Baca Juga Resep Lainnya : Resep Kue Coklat Kukus

Resep Kue Donat Kentang Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni